Merajut Ukhuwah, Mengemban Amanah

Kegiatan dakwah di Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Gadjah Mada  bermula dari pendirian mushola oleh beberapa dosen yang peduli dengan ke-Islaman di Fakultas Teknologi Pertanian.

Pada tahun 1990-an, dakwah mulai marak di kampus biru ini, dan mulai saat itu berdirilah SKI (Sie Kerohanian Islam) di setiap fakultas dengan JS (Jama’ah Shalahudin) sebagai ‘payung’nya. Kemudian, Sie Kerohanian Islam pada tiap-tiap fakultas di UGM bersepakat untuk mengganti nama Sie Kerohanian Islam sebagai Jama’ah. Tidak lama setelah itu, beberapa fakultas mengganti nama jama’ah menjadi Keluarga Mahasiwa Muslim/Keluarga Muslim, dengan harapan ruh ke-Islaman dapat lebih terasa.

Sejak saat itu, Sie Kerohanian Islam FTP mengganti nama menjadi Keluarga Mahasiswa Muslim Teknologi Pertanian (KMMTP). Petimbangan menggunakan kata mahasiswa karena dosen/karyawan memiliki pengelolaan sendiri yaitu Forum Ketakmiran. Sedangkan, hubungan antara KMMTP dengan Takmir  adalah hubungan kerjasama.

Struktur kepengurusan berubah-ubah sesuai kebutuhan lapangan. Fungsi-fungsi umum yang ada pada organisasi tetap ada walaupun dengan nama yang berbeda.