Oleh Dwi Wahyu Setiyarini (Ilmu Keperawatan 2013)

Apa sih pengertian Muslimah Prestatif itu ?Muslimah prestatif adalah muslimah yang tawazzun atau seimbang dunia akhirat. Keutamaan Menuntut Ilmu, diantaranya adalah merupakan kewajiban muslim dan muslimah, diitinggikan beberapa derajat, dimudahkan jalannya menuju surga,dan  untuk mendidik generasi baru

Bagaimana sih caranya agar kita termotivasi dalam menuntut ilmu?Mengingat bahwa ketika kita menuntut ilmu, setiap langkahnya akan bernilai pahala, mengingat segala hal yang pernah dilakukan dan diberikan oleh orangtua kita, mengingat bahwa peradaban dunia dimulai dari membaca buku

Siapa sih wanita muslimah jaman nabi yang berprestasi ?Aisyah RA, beliau merupakan perawi hadits terbanyak, pandai kedokteran dan juga ilmu falaq (ilmu perbintangan). Rufaidah, beliau merupakan perawat muslimah pertama, Asma binti Yazid, beliau merupakan orator ulung pada zamannya. Asyifa binti Abdullah, beliau merupakan guru yang mempunyai ilmu tinggi, hingga istri Rasul pun berguru pada beliau.

Nah, besok kan bulan suci Ramadhan bertepatan nih sama UAS, khususnya yang UGM, gimana sih cara manajemen waktu supaya antara ibadah dan belajar bisa seimbang ?Persiapan, persiapan disini maksudnya adalah persiapan ibadah, perbanyak tilawah, berdzikir, tahajut, dhuha, hafalan, hingga sedekah, supaya interaksi kita dengan Allah semakin dekat dan padat. Membuat target harian, misalnya, “selama Ramadhan besok aku mau khatam Al-Qur’an 2 kali”. Nah, disusun tuh jadwal tilawahnya, perhari harus berapa lembar atau berapa juz. Seimbangkan waktu belajarnya, susun jadwal harian selama ujian. Misalnya, pagi hari untuk tilawah dan hafalan, maka malam hari gunakan waktu untuk belajar. Karena kuliah juga merupakan amanah orang tua kita, maka jalani amanah tersebut dengan sebaik-baiknya. Jangan lupa sahur karena sahur adalah sunnah, dan penting untuk menjaga stamina kita selama berpuasa.Perbanyak berdoa karena berusaha saja tidak cukup, maka ikhtiar dan tawakkal-lah.

Pertanyaan

Bagaimana jika ada mahasiswa yang antara akademik dan non-akademiknya tidak seimbang? Misalnya dia sangat aktif organisasi, tapi akademiknya kendor.

Jawab: Pahami orang tersebut, jangan menyalahkannya, karena kecenderungan setiap orang berbeda-beda dan kita tidak tau alasan dibalik itu.

Apa yang harus dilakukan ketika kita lost motivasi?

Jawab: Balik ke niat, ingat orangtua, cari lingkungan yang baik dan cerita kepada orang yang kamu percaya.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *