LAMBANG KELUARGA MAHASISWA MUSLIM TEKNOLOGI PERTANIAN

Makna lambang adalah (dari luar ke dalam) :

  1. Keliling logo berupa delapan sudut tumpul yang menjorok keluar, bermakna bahwa KMMTP diharapkan mampu memberi manfaat kepada lingkungan sekitarnya sehingga Islam menjadi rahmat bagi seluruh alam.
  2. Huruf KMMTP UGM yang melingkar selain menunjukkan nama lembaga, juga bemakna KMMTP UGM berfungsi melindungi seluruh aktivitas dakwah yang ada di dalamnya dalam kaitannya dengan permasalahan kelembagaan (duniawi) karena sungguh hanya Allah-lah satu-satunya pelindung
  3. Gerigi melambangkan kerja keras dan usaha dakwah yang terus-menerus tanpa henti sebagaimana gerigi yang terus berputar, karena sebenarnya dakwah ini tiada akhir. Dakwah ini panjang bahkan lebih panjang dari umur kita.
  4. Bulan sabit melambangkan kesejahteraan, kedamaian, dan ketentraman yang mewarnai hati anggota KMMTP UGM. Di Indonesia bulan sabit juga diidentikkan dengan agama Islam yang memang kepada Islam-lah KMMTP menyeru.
  5. Tulisan TEKNOLOGI PERTANIAN berbentuk bulan sabit, selain sebagai kepanjangan TP pada KMMTP dan tempat kesekretariatan lembaga, juga bermakna cita-cita KMMTP yaitu mewujudkan Kampus TP Darussalam.
  6. Tulisan KELUARGA MAHASISWA MUSLIM selain sebagai kepanjangan KMM pada KMMTP, juga bermakna bahwa anggota KMMTP adalah seluruh mahasiswa muslim yang ada di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada. Jadi, keanggotaan KMMTP bersifat terbuka, setiap mahasiswa muslim Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada secara otomatis menjadi anggota KMMTP.
  7. Tulisan KELUARGA MAHASISWA MUSLIM ini dibingkai dengan sebuah kotak persegi, maknanya adalah seluruh anggota KMMTP disatukan dalam ukhuwah Islamiyah dan dalam suasana kedekatan, keharmonisan, dan kasih sayang seperti dalam satu keluarga.
  8. Di atasnya terdapat tulisan AL-FITHRAH, ini menunjukkan bahwa masjid Al-Fithrah merupakan sentral kegiatan KMMTP
  9. Gambar kubah yang mengayomi tulisan KELUARGA MAHASISWA MUSLIM, bermakna perlindungan Allah SWT yang senantiasa menaungi KMMTP. Ia juga berarti keridhoan Allah yang merupakan niat ikhlas yang melandasi aktivitas KMMTP.
  10. Bentuk persegi panjang di bawah kubah melambangkan Ka’bah yang merupakan kiblat umat Islam.
  11. Lambang KMMTP UGM berwarna dominan hijau dan putih.Warna hijau melambangkan FTP Darussalam,warna putih melambangkan niat suci KMMTP UGM sebagai lembaga Dakwah